Jumat, 20 November 2020

Peringati Hari Milad ke-V, PTQI adakan Sima'an Akbar 30 Juz

PTQI-Mesir, Sabtu dan Minggu (7-8/11) Masih dalam suasana keberkahan bulan Rabiul Awal, PTQI adakan Sima'an Akbar 30 Juz. Acara yang berlangsung selama dua hari ini, dimulai pukul 09.00 Clt sampai pukul 20.00 Clt bertempat di Sekretariat PTQI Mesir. 

Acara yang diikuti oleh para peserta mukim dan nonmukim PTQI-Mesir ini, termasuk dalam salah satu rentetan acara Milad PTQI Mesir yang ke-V. Al-Quran sebanyak 30 juz dibagi untuk 62 pembaca sima'an, jadi rata-rata satu juz dibaca oleh dua orang. Kendala pada acara kali ini, beberapa pembaca sima'an mendadak berhalangan hadir, namun bisa teratasi ketika ada beberapa peserta lain yang langsung bisa menggantikan.

Tujuan terbesar acara ini tidak lain adalah untuk menumbuhkan semangat murajaah,  menguji kekuatan hafalan para peserta PTQI baik mukim maupun nonmukim dan tentunya berharap rahmat Allah Swt. Sebagian besar peserta terlihat begitu menghayati dalam membacakan Al-Qur'an, terbukti dengan pembacaan yang khusyu dan keragaman jenis irama yang mereka lantunkan membuat para pendengarnya ikut larut dalam penghayatan kalam Allah. 

Dikemas dengan berbeda, Acara Milad PTQI ke-V kali ini, secara perdana diawali dengan Sima'an Akbar 30 juz selama dua hari, lomba outdoor di hari selanjutnya, dan pada hari berikutnya adalah Milad yang dirangkaikan bersama dengan Maulid Nabi Saw dan Wisuda Angkatan ke-II.

"Acara Milad suatu lembaga merupakan acara yang sangat krusial, bukan seberapa besar dan megah acara itu diadakan, tapi momentum kebersamaan dan evaluasi diri untuk menoleh sesaat ke belakang, mengoreksi setahun lalu, kemudian menapaki setahun kedepan dengan rencana-rencana yg lebih baik. Suatu kesyukuran dapat menjadi bagian dalam Acara Milad ke-V kali ini, dimana tugas kita adalah merangkai rencana dan berusaha, sisanya biar Tuhan yang mengintervensi." Ungkap Ferdi Setiawan, selaku ketua panitia Milad PTQI ke-V.

Rep: Risma



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca