Jumat, 20 November 2020

Milad PTQI ke-V; Rangkaikan Wisuda Angkatan ke-II dan Peringatan Maulid Nabi Saw

PTQI Mesir gelar acara Milad ke-V pada Rabu (11/11). Bertempat di Markaz PTQI, jl. Abdullah al-Juwaini-Darbul Ahmar, Acara Milad tahun ini dirangkai dengan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Wisuda Tahfidz Angkatan ke-II.

Diawali dengan peringatan Maulid Nabi Saw pada pukul 14.00 Clt, dan dihadiri oleh Syekh Sidi Fauzi Konate, salah seorang pengajar di Masjid Al-Azhar Mesir. Acara dimulai dengan pembacaan Barzanji dan Burdah, diikuti dengan pemberian taujihat oleh Syekh Sidi Fauzi Konate. Sebelum memberikan taujihat, beliau mensyarah (red: menerangkan) beberapa bait sya’ir Burdah Imam Bushiri. Selanjutnya beliau menekankan pentingnya menjaga waktu bagi penuntut ilmu, dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa melalaikan dari ilmu serta memperbanyak menghadiri majelis ilmu. Beliau juga berpesan agar para penuntut ilmu hendaknya memulai dengan memperkuat ilmu alat agar lebih mudah dalam menggapai ilmu maqashid

Acara Maulid Nabi Saw ditutup dengan shalat Maghrib berjamaah serta pemberian sertifikat penghargaan oleh direktur PTQI Mesir, al-Ustadz Abdul Rahim Dani MA kepada Syekh Sidi Fauzi Konate. 

                                    

Setelah isya tepatnya pukul 18.30 Clt, dilanjutkan dengan acara wisuda tahfidz Al-Qur’an angkatan ke-II yang diikuti 11 wisudawan dan 7 wisudawati, wisuda tahun ini begitu meriah karena turut dihadiri oleh ketua dan wakil Presiden PPMI Mesir, ketua lembaga tahfidz di Mesir, serta beberapa gubernur kekeluargaan. Ketua PPMI Mesir, Farhan Aziz Wildani dalam sambutannya menyatakan “Pada malam ini, kita melaksanakan wisuda angkatan kedua, ini (hafalan Al-Qur’an) adalah amanat dari Allah Swt yang harus dijaga”. Selain itu ketua presiden PPMI yang akrab dipanggil Farhan itu berharap PTQI dapat lebih banyak menebar manfaat khususnya kepada masisir. Setelah pemberian ijazah dan sanad kepada para wisudawan, acara wisuda ditutup dengan pembacaan do’a oleh Wakil Direktur PTQI, al-Ustadz Amril Muhaimin Lc. 

Pada pukul 22.00 Clt, sebagai penghujung acara yaitu Milad PTQI ke-V. Dipandu Syahrul Wafir dan Moch. Yusril selaku pembawa acara, Milad PTQI ke-V berlangsung meriah. Dikemas dengan non formal, acara milad dimulai dengan nonton bareng film karya anggota PTQI banin, dilanjutkan pembagian hadiah lomba serta pemotongan kue oleh pimpinan PTQI. Kemudian ditutup dengan tabadul hadayah atau pertukaran hadiah oleh masing-masing peserta milad.

Rep: Yusril






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca