Jumat, 14 Februari 2020

Pembukaan Program; Ajak Peserta Mengenal PTQI Lebih Dekat



PTQI-Mesir, Jumat (31/1) Selepas Ujian Termin
Satu Universitas Al-Azhar, Pusat Talaqqi Qur'an Internasional (PTQI) mengadakan studium general dalam rangkaian pembukaan program PTQI angkatan ke-5 tahun 2020. Dua program yang dibuka terdiri dari tahfidz dan tahsin. Mengingat tempat yang terbatas, jumlah peserta yang diterima tahun ini dibatasi, 60 banin (laki-laki) dan 60 banat (perempuan).

Acara pembukaan program ini diwajibkan atas semua peserta nonmukim untuk hadir, karena tujuan acara ini adalah peserta bisa mengenal PTQI lebih dekat, juga yang tak kalah penting ada pemaparan tentang program dan aturan-aturan yang harus dipatuhi selama menjadi peserta program PTQI.

Acara dimulai pukul 14.00 Clt, dibuka oleh pembawa acara, Muhammad Ikhlas. Dilanjutkan pembacaan tilawah ayat suci al-Quran oleh Ulinnuha dan disusul sambutan dari ketua panitia, Muhammad Ghifary.



Selanjutnya al-Ustadz Amril Muhaimin selaku Wakil Direktur PTQI menceritakan sekilas sejarah sebelum berdirinya PTQI pada tahun 2015. Beliau juga menjelaskan tentang program yang dilaksanakan di PTQI. "Ada 3 paket program setoran, yang pertama sebulan satu juz, sebulan dua juz, dan sebulan tiga juz. Tentang perizinan, dalam sebulan ada jatah izin selama 2 kali. Apabila izin ketiga kali dalam sebulan maka dihitung alpa. Batas alpa adalah 3 kali."

Terkait beberapa pesan dan nasehat disampaikan langsung oleh direktur PTQI Mesir, al-Ustadz Abdul Rahim Dani MA.

Berikut ulasan beberapa point mengenai nasihat menghafal al-Quran yang disampaikan beliau; Pertama tentang hadis keutamaan menghafal al-Quran, Rasulullah bersabda, "di muka bumi ini ada keluarga Allah. Sahabat bertanya, siapakah ya Rasulullah? Mereka adalah ahlul quran."

Kedua, beliau juga menyampaikan tentang prosesnya. Menghafal al-Quran bukan tentang kecerdasan, namun tentang kemampuan bertahan dalam proses. Karena suatu kenikmatan yang besar, tidak mungkin diraih dengan proses yang mudah. Maka kita harus sabar dan istiqamah dalam prosesnya.

Satu lagi hadis tentang keutamaan penghafal al-Quran yang beliau sampaikan. Keistimewaan orang yang ingin masuk surga dan memilih pintu al-Quran, bukan hanya dirinya sendiri, tapi ia bisa membawa 10 anggota keluarganya juga.

Rep: Risma
Red: Ghani
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca