Rabu, 04 Desember 2019

Ujian di Bulan Rabi'ul Akhir sekaligus Tutup Kegiatan PTQI di Termin 1


PTQI-Mesir, Sabtu (30/11) Satu bulan menjelang ujian Azhar termin ke-1, PTQI adakan rutinitas bulanannya yakni ujian 5 dan 10 juz. Ujian yang diadakan pada Bulan Rabi'ul Akhir ini, sekaligus menutup kegiatan PTQI di Termin 1.

Dimulai dengan khotmil qur'an tepat pukul 11 Clt, kemudian dibuka oleh al-Ustadz Abdul Rahim Dani MA. selaku pembimbing ujian dan sebagai penguji, al-Ustadz Muhammad Mi'raj. Sistem ujian kali ini tidak jauh berbeda dengan beberapa ujian sebelumnya. Tiap peserta diharuskan menguasai juz yang akan diujikan beserta nomor halamannya.

Berikut beberapa peserta yang mengikuti ujian pada bulan ini; Muhammad Karim Akhyar (10 juz), Ziyad Ayaturrahman (10 juz), Ummu Habibah (10 juz), Ani Silviah (5 juz), Tri Dharma (5 juz), Nurul Izmi (5 juz), Muhammad Azizi Rusmar (5 juz), Fauzan Lauh Mahfuz (5 juz), dan Mutiara Laksmita (5 juz).


Di penghujung acara al-Ustadz Muhammad Mi'raj menegaskan, "Pada ujian kali ini rata-rata sudah bagus untuk kelancaran hafalannya, namun untuk tajwid harus dibenahin lagi." Beliau juga menjelaskan salah satu bait al Jazari yg berbunyi:
والأخذ بالتجويد حتم لازم     مالم يجود القران أثم
"Dan menggunakan tajwid di dalam membaca Al-Qur'an adalah suatu yg wajib. Siapa yang tidak membacanya dengan tajwid maka berdosa."

"Harapan terbesar saya mengikuti ujian ini agar dapat menguatkan hafalan saya. Pelajaran yang saya dapat adalah kesungguhan dalam menghafal, serius dan tekun kemudian berusaha mengamalkan semua kebaikan yang ada di Al-Qur'an. Kemudian jangan merasa rendah dengan hafalan yang masih sedikit, karena yang terpenting bukan sudah sampai mana hafalan itu, tapi sampai mana kedekatan Al Qur'an dengan dirimu." kesan Muhammad Karim, peserta ujian kategori 10 juz.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca