Sabtu, 02 November 2019

Ujian 5, 10 dan 15 Juz di Awal Bulan Rabi'ul Awal

PTQI-Mesir, Kamis (31/9) Dalam suasana awal bulan Rabi'ul Awal, PTQI adakan ujian rutin bulanan. Ada yang berbeda pada ujian kali ini apabila dibandingkan dengan ujian-ujian sebelumnya, yakni untuk pertama kalinya ada salah satu peserta yang mengikuti ujian dengan kategori 15 juz.

Acara dimulai pukul 10 Clt, dibuka dengan khotmil quran. Kemudian pengambilan kode soal dan pembacaan tata cara ujian. Penguji ujian kali ini adalah Al-Ustadz Abdul Rahim dan Al-Ustadz Muhammad Mi'raj.

Sistem ujian tidak jauh berbeda dengan beberapa ujian sebelumnya, ada 3 soal sambung ayat dan satu soal tambahan dari audiens. Dengan diadakan breafing selama satu bulan penuh sebelumnya, peserta ujian diharapkan sudah menguasai kelancaran ayat, nama surat, letak ayat beserta nomor halamannya.

Ada 7 peserta yang mengikuti ujian dengan tiga kategori banyaknya juz; Ahmad Arif bin Ahmad (5 juz), Rifka Faiza (5 juz), Shabri Rofi'i (10 juz), Amanda febrianti (5 juz), Mutia Martua(10 juz), Maulida Mayangkusuma (10 juz), dan Ghiffary Farhan (15 juz).

"Semutqin-mutqinnya orang yang hafal al-Qur'an pasti juga pernah salah atau lupa, jadi al-Qur'an harus terus dibaca dan dimuraja'ah seumur hidup." Ungkap Al-Ustadz Abdul Rahim setelah peserta terakhir tampil. Kemudian acara ditutup dengan doa khotmil quran, foto bersama, dan ramah tamah.

"Semoga menjadi motivasi bagi teman-teman untuk selalu menjaga hafalan, karena mengahafal tanpa murojaah adalah hampa,dan murojaah tanpa menghafal adalah halusinasi. Kemudian dengan adanya ujian bulanan ini menjadi motivasi saya agar lebih dekat lagi bersama al-Qur'an, serta membiasakan gerak tubuh ini untuk selalu bersyukur terhadap nikmat yang Allah berikan melalui perantara kalam-Nya." Kesan Ghiffary Farhan salah satu peserta ujian kategori 15 juz


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca