Minggu, 17 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Milad PTQI ke-4

PTQI-Mesir, Ada yang spesial dibulan November ini, Pusat Talaqqi al-Qur'an Internasional Mesir merayakan miladnya yang ke-4 dan bertepatan dengan Bulan Rabi'ul Awal, bulan mulia kelahiran Nabi Muhammad Saw. Sebagai salah satu wujud cinta dan syukur dalam merayakan dan memeriahkan milad kali ini, PTQI menggelar beberapa even yang menarik.

Pada tanggal 10 November 2019, PTQI menggelar berbagai perlombaan. Lomba-lomba tersebut diadakan di dua tempat; indoor dan outdoor. Acara indoor digelar sekitar pukul 08.00 Clt di Sekretariat PTQI. Lomba yang diadakan yaitu; lomba masak dengan tema Milad PTQI ke-4, lomba mumtaz awi, tahan tawa dan lomba video pendek. Sore harinya acara outdoor diadakan di lapangan Gamaliya, Darrasah. Acara outdoor diisi dengan lomba tebak kata, voli dan futsal.  Dalam perlombaan tersebut berlaga antar 4 rumah mukim PTQI-Mesir; rumah sekretariat, rumah rukim banin, dan 2 rumah mukim banat.


Pada tanggal 11 November 2019, pukul 14.00 Clt  diadakan peringatan Maulid Nabi Saw bekerja sama dengan Barakka Print. Acara dibuka dengan pembacaan burdah Imam Bushairi dan pembacaan barzanji, dilanjutkan lantunan ayat suci al-Qur'an secara duet antara Habib Abdurrahman dan Ulinnuha. Sebelum penyampain hikmah maulid, terlebih dahulu penyampaian sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh al-Ustadz Abdul Rahim Dani MA., beliau banyak bercerita tentang sejarah awal berdirinya PTQI, serta kesyukuran PTQI bisa bertahan dan berkembang sampai empat tahun ini.

"Alhamdulillah acaranya megah tanpa ada unsur kesombongan. Apa adanya, tapi meriah. Utamanya saat bersalawat bersama terlihat kebahagiaan begitu nyata teruntuk Rasulullah Saw yang dirindukan. Saya berharap di Milad PTQI ke-4 ini teman-teman tetap semangat menjaga hafalannya.  Semoga dengan Milad di Bulan Maulid ini menjadi tanda awal kelak kita semua akan dikumpulkan dengan Rasulullah Saw beserta para penghafal dan guru-guru yang telah mendahului kita. Amin." Ungkap al-Ustadz Mujiburrahman, Lc dalam sambutan beliau.


Sebelum peringatan Maulid di tutup, hikmah maulid disampaikan secara berapi-api oleh al-Ustadz Mahmud Majdy Aziz al-Mashry;

"Pertama, seluruh alam semesta ikut bertasbih karena sebuah kebahagiaan tak terkira akan lahirnya Baginda Nabi Saw di muka bumi, hanya satu yang tidak ikut bergembira yaitu iblis. Jadi apabila kita tidak berbahagia dengan kelahiran Nabi saw sama saja kita mengikuti iblis.

Kedua, tentang keutamaan shalawat kepada baginda nabi. Sebagai contohnya saya akan mengambil sebuah cerita yang belum terjadi, namun akan terjadi kelak. Pada hari kiamat nanti ada seorang laki-laki hendak dibawa ke neraka, kemudian Rasulullah bertanya kepada malaikat, akan dibawa kemana laki-laki tersebut. Malaikat pun menjawab bahwa ia akan dibawa ke neraka, dikarenakan amal perbuatan buruknya lebih berat daripada kebaikannya. Rasulullah pun menaruh sebuah cahaya diatas timbangan kebaikan sang lelaki tersebut, maka hilanglah keburukan-keburukan dan timbangan kebaikan menjadi lebih berat. Seorang laki-laki tadi bertanya kepada Rasulullah tentang apakah yang beliau taruh barusan tadi, Rasulullah menjawab itu adalah satu shalawat yang pernah engkau baca kepadaku."



Pukul 19.00 Clt acara Milad PTQI ke-4 dibuka oleh dua MC, Aghyal Maghribi dan Muhammad Ikhlasul Amal. Dilanjutkan sambutan dari ketua panitia, Muhammad Ghany Maulana;
"Suatu kesyukuran dapat melaksanakan Milad PTQI ke-4. Harapan untuk kedepannya, semoga PTQI terus berkembang  dan menjadi tempat berkumpulnya para penghafal al-Qur'an yang senantiasa menjaga keutuhan kalam-kalam-Nya, juga selalu berakhlak sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw."

Sambutan kedua oleh al-Ustadz Abdul Rahim Dani. MA selaku direktur PTQI-Mesir, beliau menyampaikan, "Alhamdulillah rangkaian acara berjalan lancar, bahkan diluar ekspektasi saya. Awalnya acara Milad ini hanya ingin dikemas secara sederhana namun para panitia bekerja sangat totalitas dan kreatif akhirnya terselenggara dengan sangat meriah. Dan Alhamdulillah sampai detik ini pun semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan bersama." Kemudian diakhir sambutan diadakan pemotongan tumpeng, potongan pertama diberikan kepada al-Ustad Amril Muhaimin Lc. selaku wakil Direktur PTQI-Mesir.

Diakhir acara, ada beberapa penampilan dari setiap rumah mukim PTQI, diselingi dengan pemutaran lomba video kreasi ucapan Milad ke-4. Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah, Sekretariat PTQI pun keluar menjadi juara umum. Detik-detik sebelum acara resmi ditutup, diadakan "Tabaadul Hadayah" (tukar kado) antar penghuni Mukim PTQI guna mempererat ukhuwah sekaligus sebagai bentuk implementasi hadis nabi, "Hadiah menghadiahilah kalian, maka kalian akan saling mencintai (HR. Bukhari)

Rep: Risma
Red: Ghany


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca