Jumat, 04 Oktober 2019

Ujian 5 dan 10 Juz Edisi Bulan Muharram

PTQI-Mesir, Sabtu (28/9) PTQI adakan rutinitas bulanannya, berbeda dengan ujian di bulan sebelumnya, pada bulan ini ada dua kategori yaitu 5 juz dan 10 juz. Ujian yang diadakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para peserta PTQI dalam menguasai kelancaran ayat dan nomor halaman sesuai juz yang sudah dihafal ini, juga sebagai syarat untuk naik ke juz selanjutnya.

Acara dimulai pukul 12 siang, dibuka dengan khataman 30 juz, lalu dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib ujian oleh Al-Ustadz Abdul Rohim dan Al-Ustadz Amril Muhaimin yang sekaligus menjadi penguji pada ujian kali ini.

Lima peserta ujian kali ini diantaranya; Destina Rafiq Arifin (5 juz), Ayesha Friety Syienta (5 juz), Muhammad Rafiq Arifin (5 juz), Sarah Salsabila (10 juz), dan Iqlima Azqiani Syadza (10 juz). Seluruh peserta diberikan bimbingan satu bulan penuh sebelum mengikuti ujian dengan harapan agar ujian berjalan dengan lancar.

Ujian dimulai dengan peserta putri, Destina Rafiq Arifin yang merupakan peserta golongan 5 juz. Disela-sela ujian, Al-Ustadz Abdul Rahim selaku penguji sekaligus pembimbing mengingatkan agar selalu memperhatikan hukum tajwid ketika sedang membaca Al-Qur'an. Beberapa paket soal cukup menyulitkan para peserta namun semuanya berhasil terjawab. Acara pun selesai dengan penampilan peserta golongan 10 juz Iqlima Azqiani Syadza.

"Banyak suka duka yang dilewati, awalnya terasa berat dan pahit. Akan tetapi, hasilnya berbuah manis dan baru terasa setelah melewati masa ujian 10 juz tersebut. Kemudian jangan berhenti sampai diaini saja, jangan lupa untuk dimurojaah, karena murojaah adalah pekerjaan seumur hidup bagi para penghafal Al-Qur'an." Kesan Sarah Salsabila salah satu peserta ujian kategori 10 juz.

Sedikit kendala pada ujian kali ini, yaitu audience yang tidak terlalu banyak karena bertabrakan dengan jadwal kuliah. Meskipun demikian, secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Acara selesai sekitar pukul empat sore, diakhiri dengan pembagian sertifikat, foto bersama, dan ramah tamah.

Rep: Ghany
Red: Risma


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca