Senin, 02 September 2019

PTQI Adakan Ujian Kategori 5 Juz di Akhir Tahun Hijriyah

PTQI-Mesir, Sabtu (31/8) Serangkaian acara ujian kali ini diadakan tepat di akhir tahun Hijriyah yakni pada hari terakhir Bulan Dzulhijjah. Dimulai dengan Khotmil Qur'an pukul 10.00 Clt, dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembacaan peraturan lomba oleh Al-Ustadz Amril Muhaimin Lc.

Ujian 5 juz merupakan kegiatan bulanan PTQI yang diadakan untuk mengukur kualitas hafalan para anggota dalam menguasai 5 juz pertama mulai dari nama surat, juz, dan nomor halaman. Ujian kali ini dibimbing langsung oleh Al-Ustadz Abdul Rahim Dani MA, Al-Ustadz Amril Muhaimin Lc, Al-Ustadz Mi'raj, dan Al-Ustadz Suryadi Yani.

Ujian ini diperuntukkan untuk para peserta program PTQI yang hafalannya sudah mencapai 5 juz yang diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 6 sampai 7 bulan. Setiap peserta mendapat breafing satu bulan penuh untuk menyiapkan ujian dengan sebaik-baiknya. Ada 8 orang peserta yang mengikuti ujian kategori 5 juz bulan ini; Ziyad Ayaturrahman, Novita Lisna Nursyifa, Luci Fitriani, Imam Muslim, Afifah Hana Aryati, Ummu Habibah, dan Muhammad Irzad Irham.

Menurut para juri, dibandingkan dengan bulan lalu, ada sedikit peningkatan dari segi kesiapan para peserta pada bulan ini. Dengan sistem yang tidak jauh berbeda dari beberapa bulan sebelumnya. Jumlah soal diberikan sebanyak 5 soal, 4 dari penguji dan satu dari audience sebagai soal penutup. Peserta harus menyebutkan surat, nomor juz, dan nomor halaman.

"Program ini sangat membantu kami untuk memutqinkan hafalan dengan sistem muroja'ah yang sangat titen sekali yaitu dengan mengetahui letak maupun posisi serta halaman ayat tersebut. Semoga PTQI dapat mengistiqomahkan program ini, sehingga dapat meningkatkan kualitas para penghafal kalam-Nya." Papar Afifah Hana Aryati salah satu peserta ujian kategori 5 juz.

Acara berlangsung dengan lancar dan selesai sekitar sebelum Ashar. Diakhiri dengan penyerahan sertifikat, foto bersama, dan ramah tamah sebelum penutup.

Rep: Ghany
Red: Risma




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca