Selasa, 06 Agustus 2019

PTQI Adakan Ujian 5 Juz di Awal Bulan Dzulhijjah

PTQI-Mesir, Sabtu (3/8) Bertepatan di awal bulan mulia (1 Dzulhijjah 1439 H) PTQI adakan kegiatan rutin bulanan Ujian 5 juz. Para peserta PTQI yang telah mencapai target 5 juz berhak memperoleh breafing selama satu bulan dari pembimbing guna memperlancar 5 juz yang telah dihafal sebelum mereka diuji didepan para asatidz dan peserta lain.

Ujian ini dibawah bimbingan langsung Al-Ustadz Abdul Rahim MA, Al-Ustadz Amril Muhaimin Lc, dan Al-Ustadz Mi'raj, untuk penguji dimpimpin oleh Al-Ustadz Faisal. Acara yang dimulai setelah dzuhur ini diawali dengan khotmil qur'an oleh seluruh peserta PTQI yang hadir dalam acara ini.

Ujian yang betujuan untuk memutqinkan hafalan para peserta didik PTQI serta mempererat ukhuwah, kali ini diikuti oleh 5 oleh peserta;
Muhammad Sholahuddin Al Ayyubi bin Syamsul Khalik, Ahmad Fikrul bin Muh Syukri, Muhammad Furqan Fattah bin Fattah Katta, Hadijah binti Aziz, Muhammad Fadli Ismail Bin Ismail Saleng. Kelima peserta yang mengikuti ujian kategori 5 juz ini rata-rata adalah mahasiswa Markaz Lughah, termasuk angkatan kedatangan 2018, dan mulai bergabung dengan PTQI pada awal tahun 2019. Mereka berhasil menyelesaikan 5 juz dalam sekitar 5 bulan, dan mengetahui posisi ayat serta halamannya.

Sistematika ujian tidak jauh berbeda dari beberapa ujian sebelumnya, peserta diberikan kesempatan mengambil salah satu kode soal yang telah disediakan penguji kemudian diharuskan menjawab  5 pertanyaan dengan tepat. Kelima soal meliputi sambung ayat, tanya jawab letak ayat serta nomor halaman, dan satu pertanyaan tambahan dari audiens.

Secara keseluruhan acara berlangsung lancar, beberapa peserta merasa antusias mengikuti program ujian 5 juz ini. "Program ini sangatlah membantu kita dalam menambah semangat menghafal Al-Qur'an serta menjaganya. Karena dalam menghafal Kalam-Nya, muraja'ah adalah hal yang sulit namun penting sekali. Semoga PTQI selalu istiqamah dalam menjalankan program ini dan lebih meningkatkan kualitasnya agar dapat mencetak Hafidz/ah yang tidak hanya menghafal dan menjaga ayat-Nya tapi juga bisa mentadabburi dan mengamalkan Al-Qur'an dalam diri masing-masing di kehidupan sehari-hari." Kesan Khadijah, salah satu peserta ujian 5 juz.

Rep: Azka Sabili
Red: Risma Z.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca