Senin, 01 Juli 2019

Ujian Kategori 5 Juz Hiasi Bulan Syawal kali ini

PTQI-Mesir, Setelah beberapa pekan kegiatan PTQI terjeda dikarenakan adanya ujian termin ke-2 Al-Azhar, hari ini -Sabtu(29/6)- PTQI Mesir kembali adakan rutinitas bulanannya yakni Ujian kategori 5 Juz. Bertepatan dengan suasana bulan Syawal, acara ini sekaligus sebagai ajang saling memaafkan dan mempererat ukhuwah antar peserta PTQI.

Acara dimulai selepas waktu dhuhur, diawali dengan khotmil Qur'an oleh semua peserta PTQI yang hadir. Dilanjutkan dengan Ujian kategori 5 juz yang dipimpin oleh Al-Ustadz Mushlihul Fadhil. Sistem yang diterapkan tidak jauh berbeda dengan beberapa ujian yang telah diadakan sebelumnya. Peserta harus bisa menguasai dengan lancar juz yang akan diujikan, baik letak ayat pada posisi paling atas dan bawah maupun nomor halaman dalam mushaf.

Bulan Juni ini, ada sekitar 5 peserta yang diuji; Ahmad Shobri Rofi'i, Suryadi Yani, Mulia Nasution, Abdullah Rifqi, dan Ummu Maghfiroh. Kelima peserta mengikuti Ujian kategori 5 juz.

Secara keseluruhan, acara berlangsung lancar. Sampai di peghujung acara, Al-Ustadz Muslihul Fadhil menyampaikan beberapa evaluasi tentang ujian dan beliau berpesan, "Untuk menghasilkan sebuah hafalan yang mutqin, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu dan proses panjang. Jangan tergesa-gesa saat muroja'ah, harus dinikmati dan pelan-pelan."

"Adanya ujian ini sangat memotivasi diri saya untuk selalu menjaga hafalan yang telah saya hafal, beserta letak ayat, dan halaman ayat tersebut. Semoga kedepannya PTQI semakin berkembang, dan menjadi wadah bagi hafidz serta hafidzah yang bermanhaj Azhari." Ungkap salah satu peserta ujian, Muhammad Rifqi Abdillah.

Rep: Risma Z.
Red: Adam Hqq.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca