Senin, 08 April 2019

Ujian Tahfidz Kategori 5 dan 10 Juz Bulan April, Sekaligus Tutup Kegiatan PTQI di Termin Dua

PTQI-mesir, Jum’at (5/4). Untuk menjadi penghafal Al-Qur’an setiap individu harus melalui proses yang cukup menyita waktu luang. Pada bulan ini PTQI melaksanakan kegiatan rutin bulanan sebelum fokus ujian termin kedua al-Azhar. Yaitu ujian 5 dan 10 juz bagi peserta mukim dan non-mukim yang telah mencapai hafalan 5 atau 10 juz, diwajibkan bagi mereka untuk mengikuti kegiatan ini guna memutqinkan hafalan yang telah dihafal.

Seperti biasa, acara dimulai pada pukul 10.00 pagi. Dibuka oleh Ustadz Muhammad Mi’raj lalu dipandu hingga berakhirnya acara. Dalam masalah teknis ujian bulan ini tidak jauh berbeda dengan bulan lalu dimana peserta diharuskan menguasai penuh juz yang akan diujikan, baik dari segi kelancaran, letak posisi ayat (atas/tengah/bawah) dan halaman ayat di dalam mushaf.

Pada bulan ini terdapat 7 peserta yang berantusias mengikuti ujian yaitu: Hijrah Sri Wahyuni Bahcri (5 juz), Della Zahara Dewi (10 juz), Risma Zuhdiyah Mafaza (5 juz), Fakar Muayyad (5 juz), Muhammad Khaerul el-Haq (10 juz), Akbar Yuzar Pratama (5 juz), dan Muhammad Ghifari Farhan (5 juz). Selama satu bulan penuh mereka mengikuti briefing setiap minggunya sebelum ujian, untuk kesiapan dan kematangan hafalan sebelum diujikan.

Sebelum acara ditutup, Ustadz H. Amril Muhaimin Lc. selaku wakil direktur PTQI menyampaikan beberapa pesan tentang Al-Qur'an, dan dilanjutkan dengan doa, salah satu doa dikhususkan kepada Imam Syafi'i (204H) karena hari itu bertepatan dengan wafatnya ulama pendiri madzhab Ahlussunnah Waljamaah itu, pada akhir bulan Rajab.

“Perlu diketahui bahwa program tes hafalan kategori 5 dan 10 juz ini merupakan program unggulan PTQI, dimana nantinya peserta akan dibimbing bagaimana cara murojaah dengan mengetahui letak ayat dan nomor halaman mushaf dari ayat yang dibaca dengan harapan bisa menambah kekuatan hafalan. Program ini akan menjadi kesan tersendiri bagi pesertanya, dimana peserta bisa lebih banyak meluangkan waktunya untuk Al-Qur’an dan dari situ Allah memberikan hikmah yang tidak semua orang dapatkan, kecuali setelah bermuamalah dengan kalam-Nya.” Kesan Muhammad Khaerul el-Haq, salah satu peserta kategori 10 juz.
Rep : Adam Huda Hqq
Red : Risma Zuhdiyah





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbanyak Dibaca