Minggu, 16 Desember 2018

Detik-detik menjelang ujian Azhar, PTQI adakan acara "Serah Terima Sanad dan Sharing Inspirasi Al-Qur'an"

Menghafal Al-Qur’an Sambil Kuliah itu Asyik

PTQI-Mesir, Rabu(13/12) Masih dalam suasana detik-detik menjelang Ujian Termin pertama Al-Azhar. Disela kesibukan belajar persiapan ujian, sejenak PTQI mengajak para mahasiswa untuk hadir dalam acara "Serah Terima Sanad dan Sharing Inspirasi Al-Qur'an". Acara tersebut berlangsung di sekretariat PTQI Darasah tepat pada pukul 16.00 clt.

Dibuka dengan MC, kemudian pembacaan tilawah Al Qur'an oleh Habib Abdurrahman yang berlangsung dengan khidmat. Dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana yang dibawakan oleh Adam Huda, diteruskan sambutan oleh Ustadz Amril Muhaimin Lc selaku wakil direktur PTQI. Beliau menyampaikan dalam sambutannya "Lembaga Pusat Talaqqi Al-qur'an Mesir-Indonesia didirikan semata-mata hanya untuk berkhidmat kepada masyakarat Indonesia khususnya bagi para pelajar yang berada di Mesir, bukan suatu kemustahilan kita memiliki cita-cita yang tinggi dengan menyetak para hafidz dan hafidzah. Sebab sekarang di depan kita semua sudah ada bukti dengan khatamnya 5 hafidzah,  maka kami harap teman-teman dapat termotivasi untuk mengkhatamkan 30 juz dan tidak menjadikan khatam  sebagai  beban atau tujuan namun sebagai kesetiaan kita terhadap Al-Qur’an serta berkhidmat di jalan Allah."

Bertemakan 'Kuliah Sambil Ngafal di Era Milenial', acara ini bertujuan memberikan inspirasi sekaligus motivasi bagi para mahasiswa, bahwa kita bisa menghafal Al-Qur'an dan mengkhatamkannya, tanpa meninggalkan kewajiban belajar sebagai seorang mahasiswa. Bukanlah hal yang tidak mungkin, karena kelima teman kita ini sudah berhasil membuktikannya. Hafidzah pertama adalah Indah Khaerunnisa dengan lama menghafal 1 tahun 11 bulan, hafidzah ke-2 Mursyida Arif dengan lama menghafal 1 tahun 12 bulan, hafidzah ke-3 Ummi Kaltsum dengan lama menghafal 1 tahun 2 bulan, Hafidzah keempat Farida Hanum dengan lama menghafal 1 tahun 2 bulan, dan hafidzah ke-5 Andi Rizky Amanah dengan lama menghafal 1 tahun 3 bulan.

Sebelum Serah terima sanad berlangsung,  Kelima hafidzah ini membacakan surah Ad-Dhuha sampai An-Nas secara bergilir. Kemudian dilanjutkan acara inti yakni 'Serah Terima Sanad' yang secara langsung diberikan oleh Ustadz Abdul Rahim Dani Lc M.A. Diteruskan acara inti kedua yaitu ‘Sharing Inspirasi Al-Qur'an’ bersama 4 hafidzah dan dimoderatori oleh Ustadz Abdul Rahim Dani Lc M.A. Beberapa pertanyaan sudah disiapkan sebelumnya oleh sang moderator, secara bergantian 4 hafidzah yang menjadi narasumber menjawab pertanyaan demi pertanyaan sesuai dengan apa yang mereka alami ketika menghafal. Mulai dari apa tantangan terbesar yang dihadapi ketika menghafal sedangkan posisi mereka masih menjalakan kesibukan masing-masing seperti kuliah, talaqqi, dll., serta apa yang dilakukan saat menemukan titik jenuh, dan bagaimana metode dan tips mereka menghafal. Sesi kedua yakni dibukanya kesempatan bertanya untuk para peserta yang hadir, kemudian langsung dijawab bergilir oleh keempat narasumber.

Alhamdulillah acara tersebut berlangsung dengan lancar. Beberapa peserta mengaku tersinspirasi untuk terus dekat dengan Al-Qur'an dan semakin semangat untuk menghafalkannya. "Acara serah terima sanad berserta sharing inspirasi Al-Qur’an berjalan sesuai temanya yaitu menginspirasi, alhamdulillah. Rangkaian cerita dan pengalaman yang dibungkus dalam tema tersebut memberikan gambaran bagi kita sebagai thalabul ilmi ketika dihadapkan pada berbagai kendala dalam proses tersebut beserta beberapa tips dalam menghadapinya. Dari saling sharing kita tau bahwa yang berjuang di jalan tersebut tak hanya kita dan artinya kita tidak sendiri.  Hal tersebut menjadi motivasi juga untuk berlomba-lomba dalam kebaikan." Kesan Ummu Maghfiroh, salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut.
Rep: Risma Z.
Red: Adam Huda
Share:

2 komentar:

Terbanyak Dibaca